Cara Mengalihkan Pengunjung Blog | Blogging


Sebagai seorang blogger, saya yakin Anda pasti disibukkan dengan usaha-usaha untuk menarik pengunjung (traffic) yang sebanyak-banyaknya agar berkunjung ke blog Anda. Apalagi jika blog tersebut Anda khususkan untuk menghasilkan uang secara online, maka Anda rela jatuh bangun untuk mendapatkan pengunjung yang sebanyak-banyaknya. :-)

Padahal tanpa Anda sadari sebenarnya Anda telah 'menelantarkan' pengunjung-pengunjung yang sebelumnya telah sering berkunjung ke blog Anda tersebut. Bener kan?

Jangan malu, sebab Anda tidak sendiri...karena lebih dari 90% blogger mengalami kesulitan untuk meningkatkan jumlah pembaca blog mereka, sebab mereka tidak mengetahui bagaimana cara memperlakukan pengunjung mereka.

Perlakukan pengunjung blog Anda secara manusiawi :-)

Baiklah. Di bawah ini saya berikan 5 langkah bagaimana caranya Anda mengubah pengunjung biasa menjadi pegunjung setia yang akan selalu datang kembali, lagi dan lagi, untuk membaca posting-posting di blog Anda.

Langkah 1. Perhatian: Arahkan perhatian pengunjung tersebut ke tempat yang Anda inginkan

Ketika pertama kali memasuki blog Anda, maka perhatian pengunjung biasanya langsung ke judul artikel Anda. Bukan kepada disain blog atau iklan-iklan adsense yang mungkin terdapat di blog Anda tersebut. :-)

Karenanya fokuskan perhatian Anda di bagian judul artikel ini. Buatlah judul artikel yang semenarik mungkin. Hal ini akan membuat pengunjung tersebut 'terkesan pada pandangan pertama', sehingga akan selalu balik dan balik lagi setiap hari untuk mengecek atau menantikan postingan terbaru Anda.

Tips: Penggunaan angka dalam judul artikel (seperti misalnya judul artikel yang sedang Anda baca ini) biasanya mudah sekali menarik perhatian pengunjung untuk membaca artikel tersebut. Atau Anda dapat menggunakan kata-kata ampuh lain yang 'mengundang' minat pembaca.

Langkah 2. Menarik: Tunjukkan bahwa Anda dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi

Pengunjung biasa bisa diubah menjadi pembaca yang setia asalkan Anda dapat dengan jelas menunjukkan kepada mereka bahwa Anda dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Untuk dapat sukses melakukan hal tersebut, maka Anda harus memperhatikan dua hal berikut:
o Fokus pada hal-hal yang menguntungkan bagi mereka, bukan terhadap fitur dari apa yang Anda tawarkan

Pada judul artikel Anda usahakan untuk memasukkan kata-kata yang sekiranya bisa menimbulkan kesan yang akan memberi keuntungan kepada pengunjung Anda.
Contohnya. Perhatikan dua judul artikel di bawah ini. Saya yakin, judul yang pertama pasti akan lebih menarik untuk Anda baca dibanding judul yang kedua :
* 3 Cara yang mudah Anda ikuti untuk menghasilkan uang secara online
* 3 Keunggulan software A dalam menghasilkan uang secara online
o Pertahankan mereka selama mungkin untuk membaca artikel Anda.

Caranya adalah dengan menghindari penulisan dalam paragraf yang panjang-panjang, sebab ini akan sangat membosankan, dan dapat membuat pengunjung tersebut buru-buru menekan tombol back atau close di browsernya. Artikel blog Anda bukanlah suatu karya tulis ilmiah. Bukan pula untuk diperlombakan dalam lomba penulisan artikel. Jadi gunakanlah paragraf yang pendek-pendek saja, pecah paragraf yang panjang tadi menjadi paragraf yang lebih pendek. Optimalkan pemakaian huruf miring atau huruf tebal untuk menarik perhatian. Usahakan pula untuk menggunakan list dalam setiap tulisan Anda. Percaya deh, pembaca suka membaca jika informasi tersebut disajikan dalam urutan (list). Hindari penggunaan istilah canggih yang mungkin akan membingungkan atau membosankan. Jika perlu gunakan bahasa lisan sehari-hari agar lebih mudah dipahami.

Langkah 3. Navigasi: Bikin pengunjung Anda betah di blog Anda

Pastikan bahwa navigasi blog Anda mudah untuk dipahami, mudah terlihat, dan tidak membingungkan pengunjung, sehingga mereka harus memencet tombol mana untuk mencari suatu informasi yang ingin diketahuinya. Jika pengunjung Anda nyaman dengan navigasi blog Anda maka mereka akan betah berlama-lama di sana, dan akan menjadi pembaca setia Anda.

 Langkah 4. Kepercayaan: Pastikan mereka yakin bahwa ada ANDA di balik semua artikel dalam blog tersebut

Kepercayaan adalah faktor yang amat penting bagi seorang pengunjung untuk menjadi pembaca setia di blog Anda. Mereka harus yakin bahwa mereka berhubungan dengan manusia beneran, bukan mesin otomatisasi. Karena itu dalam blog Anda perlu suatu halaman tentang About Me atau yang seperti itu. Lebih baik lagi jika ada foto Anda di dalam halaman tersebut.
 
Langkah 5. Action: Beritahu mereka cara untuk berlangganan postingan Anda
Langkah yang terakhir adalah dengan memberitahu kepada pengunjung Anda cara untuk subsribe posting-posting Anda. Semakin mudah cara tersebut akan semakin baik. Beritahu kepada mereka bahwa dengan berlangganan maka mereka akan mendapatkan update setiap kali ada postingan baru di blog Anda tersebut.

Demikianlah lima langkah yang dapat Anda tempuh untuk dapat mengubah pengunjung biasa di blog Anda menjadi pembaca setia. Perlakukan mereka dengan 'manusiawi' di blog Anda…maksud saya, blog Anda memang dibuat untuk manusia, untuk mereka, dan bukan semata-mata untuk search engine.
 
Selamat Mencoba !!
Ranking: 5
 
© Trick and Tips All Rights Reserved | hosting murah | domain murah